Breaking News

Gelar Sosialisasi, Ketua KPU Muaro Jambi Sebut Visi Misi Calon Kepala Daerah Muaro Jambi Harus Selaras Dengan RPJPD

GERBANGINFORMASI.COM, MUARO JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi menggelar sosialisasi tahapan pencalonan dan penyusunan visi misi dan program bakal pasangan calon sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Muaro Jambi.

Kegiatan sosialisasi ini, dilaksanakan di hotel Ratu Convention Center pada Kamis (25/7/24) pagi.

Ketua KPU Muaro Jambi Almuttaqin menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan semua partai politik mengajukan bakal pasangan calon (Paslon) dengan visi misi dan program yang selaras dengan RPJPD Muaro Jambi tahun 2025 - 2045.

"Sosialisasi ini didasarkan pada pasal 102 Ayat 2 Huruf a nomor 4, PKPU Nomor: 08 Tahun 2024, di mana naskah visi misi dan program pasangan calon harus sesuai dengan RPJPD," kata Almuttaqin kepada pewarta.

Almuttaqin mengatakan, bahwa untuk mencapai keselarasan visi dan misi calon kepala Daerah dengan RPJPD ini, diperlukan sosialisasi atau bedah RPJPD.

Sasaran kegiatan sosialiasi ini, kata dia, ditujukan kepada partai politik yang akan mengajukan calonnya untuk menjadi kepala daerah. 

“Perumusan visi dan misi tidak cukup hanya melalui pengalaman, lebih dari itu harus melalui tahapan observasi, curah pendapat dan penelitian," sampainya.

Pria kelahiran Desa Pemunduran Kumpeh Ulu itu menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi ini penting untuk memastikan bahwa dokumen perencanaan sesuai dengan regulasi yang ada dan mampu menjawab masalah yang ada di masyakarat. 

Pemahaman yang diberikan kepada perwakilan Partai Politik ini, katanya, diharapkan dapat diteruskan kepada semua pengurus partai politik agar apa yang didapat dalam sosialiasi ini bisa diterapkan secara menyeluruh.

"Dengan demikian visi, misi dan program dari setiap pasangan calon dapat diintegrasikan dalam dokumen perencanaan yang sesuai dengan regulasi untuk menjawab masalah ditengah masyarakat," tandasnya. (Jun)

© Copyright 2024 - Gerbanginformasi.com